AREA PASANG IKLAN MURAH

Anda ingin beriklan ?

HALAMAN MUKA

Wednesday, December 1, 2010

SELUK - BELUK PENYAKIT DARAH TINGGI / HIPERTENSI

SELUK - BELUK PENYAKIT DARAH TINGGI / HIPERTENSI

Penyakit Hipertensi atau Penyakit Tekanan Darah Tinggi itu ada 2 macam : 95% Hipertensi Esensial (Primer) dan 5% Hipertensi Sekunder.

- Hipertensi Primer disebabkan oleh keturunan (=herediter) , suku bangsa atau sebab-sebab yang tidak/belum diketahui

Disini Obesitas (= kegemukan ) dan konsumsi garam yng tinggi memberikan kontribusi yang tinggi dalam pengembangan penyakit hipertensi.

- Hipertensi Sekunder disebabkan oleh penyempitnya arteri utama yang menuju ke Ke ginjal atau penyakit ginjal khronis atau tumor yang memproduksi adrenalin atau renin , koarktasi aorta.


TEKANAN DARAH DIANGGAP NORMAL , apabila TEKANAN SISTOLE diatas 140 dan DIASTOLES diatas 90. Dalam prakteknya ada yang tekanan darahnya 145 / 90 masih dianggap tidak / belum berbahaya. Berhubung tekanan darah seseorang itu dapat menaik secara mendadak , apalagi bila makanan dan lingkungan tidak dijaga , maka penyakit ini sering disebut juga ‘ SILENT DISEASE ’ , orang-orang tsb pingsan. Penyakit Hipertensi yang bertahun-tahun tidak diobati , lamam-lama akan menuju ke :


1. Penyakit STROKE (tersumbatya pembuluh darah atau terjainya pendarahan diotak)
2. Penyakit rusaknya RETINA MATA
3. Penyakit serangan JANTUNG
4. Penyakit ‘MEMBESARNYA JANTUNG ’ (=Heart Congestion)
5. Penyakit UREMIA ( gagal ginjal)


UPAYA Pengobatan penyakit Hipertensi dangan obat-obatan a.I=i=l.:


- Golongan Diuretika (HCF – Chlorthalidon)
- Golongan Vasodilator seperti : ACE Inhhibitor (Captopril dll.) Angioensi ll reseptor Blocker CalciumAntagonis (Dilthiazem/Verapmil) Beta Bloker (prazosin,dll.)
- Golongan Lain-lain : Ganglion Blocker (Pempidin) Neuron Blocker (Gunethidin/Debrisoquin) Alpha 2 Stimulan (Clonidin/metildopa/reserpin)

PENDERITA HIPERTENSI terpaksa harus minum obat seumur hidupnya !

UPAYA Pencegahan :

1. Hindari makanan yang mengandung Garam.
2. Hindari merokok.
3. Hindari minuman yang mengandung Caffein (Kopi-Thee-Coklat)
4. Hindari Obesitas (=kegemukan)
5. Latihan Olah raga yang teratur
6. Santai (Relaxation)

Ada juga segolongan obat-obatan yang dapat menaikkan tekanan darah , a.l. :

- Amfetamin dan sejenisnya – Psuedoefendrin – Efedrin – Phenylephrine
- Fenilpropanolamin – Carbenoxolone – Kontraseptiva oral ( KB-oral) – trisiklik antidepresantia yang dicapur dengan decongestantia , antihistamin.

Tiap orang membutuhkan Garam (NaCL) untuk keperluan tubuh. Garam Natrium (Mineral Na) sangat penting dalam mengatur cairan tubuh. Biasanya kebutuhan tubuh kita cukup dangan 200 mg sehari. Dalam makanan sehari-hari banyak ditemui garam Natrium , misalnya : Keju – Food dan Makanan dalam kaleng banyak mempergunakan zat pengawet (Food additives) Natrium Nitrit , Natrium fosfat ( Garam Natrium) Penderita Hipertensi dianjurkan agar menghindari makanan-makanan tsb.diatas

No comments:

Post a Comment