AREA PASANG IKLAN MURAH

Anda ingin beriklan ?

HALAMAN MUKA

Wednesday, January 19, 2011

Perlunya Vaksinansi Hepatitis A & B

Berikut ini adalah tulisanku mengenai perlu atau tidaknya kita memberikan vaksinasi Hepatistis A & B pada buah hati kita.

Sengaja aku tulis hal tersebut dikarenakan baru-baru ini dari pihak sekolah anakku berencana mengadakan program vaksinasi hepatitis tersebut secara kolektif , yang dengan begitu bila dilihat dari biayannya yang kurang dari Rp.80.000,- ; tentunya hal ini sangat menarik sekali dikarenakan murah ; yang kedua otomatis karena bebarengan dengan teman-teman sekelasnya yang lain....tentu anak kita tidak "ogah-ogahan" disuntik!.

Sebelumnya juga aku sempatkan mencari-cari berapa biayanya untuk suntik vaksinansi tersebut...., dan setelah treat kesana-kemari dan dapat kesimpulan ternyata biayanya cukup mahal....( apalagi yang namanya vaksinasi tersebut sekarang tidak tergantikan ( di-rembers ) dikantor ) , yaaah....kupikir tak ada salahnya bila anakku ikutan divaksin dalam kesempatan berharga tersebut ; lagian dengan divaksin secara kolektif sudah murah ( biayanya hanya sepertiga dari harga normal )....he he he he....kita gak kena biaya jasa dokternya....asyiiiikkkk...; berikut ini juga aku share tulisan mengenai pentingnya vaksin hepatitis yang aku dapat dari sumbernya : http://www.dunia-ibu.org

Semoga tulisan ini berguna....ini bukan ngarang semata lho....

Apakah Vaksin Hepatitis A ini wajib diberikan pada anak?

hepatitis aTanya:

Cerita ya, anakku sudah lama panas kalau malam saja, sudah test darah, kesimpulan infeksi bakterim tidak tahu bakteri apa, tapi tetap belum sembuh. Akhirnya aku cari second opinion ke dr Waldy, nah sama dr Waldi ini aku di tanya, sudah vaksin hepatitis A belum? karena saat itu aku lupa bawa buku dokternya, dan lupa sudah vaksin apa belum, ya aku jawab lupa terus dia bilang: coba cari tahu, kalau ternyata belum, saya mau tahu apa alasannya kok belum vaksin hepatitis A. Waktu aku buka buku dokter, ternyata sama dokter sebelumnya memang tidak dijadwalkan untuk vaksin hepatitis A. Kalau dsa para ibu lainnya bagaimana? apa vaksin ini wajib? [DRS]

Jawab:

Namanya di kita, seringkali wajib-tak wajib itu semata karena Depkes tidak bisa kasih vaksin murah untuk imunisasi tersebut. Jadi mau diwajibkan juga bagaimana? Kalau anakku dulu disuruh, sama dokternya untuk vaksin Hepatitis A waktu umur 2 tahun-an. Anak yang ke dua aku lupa, sudah atau belum, tapi biasanya dr.Widodo cermat kok, kasih tahu vaksin apa saja yang sebaiknya diberikan, meskipun tidak ‘wajib’ [Rie]

Ngomong-ngomong apa hubungannya infeksi bakteri dengan hepatitis A ? Atau dokternya cuma tanya saja tanpa ada hubungan antara kedua-duanya ini? Jadi inging tahu. Aku lupa, tapi kayaknya wajib, mudah-mudahan anakmu cepat sembuh [SntS]

Imunisasi Hepatitis A termasuk imunisasi yang dianjurkan. Maksudnya tidak mendapat subsidi dari pemerintah, makanya harga sedikit mahal. Beda sama imunisasi wajib, yang harganya lebih murah karena dapat subsidi. Harga imunisasi hepatitis A Rp 258.000,- (di hermina). Diulang 1x setelah 6 bulan dari yang pertama. Diberikan untuk anak 2tahun atau lebih. Kalau melihat dari keuntungannya, saya pribadi memilih memberikan imunisasi daripada tidak. Bagaimanapun, mencegah lebih baik dari mengobati. Semoga anaknya cepat sembuh ya dan ketahuan apa sakitnya [Vn]

Aku sudah cek bukunya anak keduaku, memang dijadwalkan, umur 2 tahun untuk Hepatitis A, sekaligus Typhum Vi. semoga cepat sembuh ya [Rie]

Mbak, kalau vaksin, wajib-tidak wajib itu lebih mencerminkan mahal atau tidaknya si vaksin, bukan masalah penting-tidak pentingnya. Kalau setahu aku, Indonesia termasuk negara endemis Hepatitis A, jadi ya aku lebih suka kasih saja. Tapi para Dsa itu juga memang suka tidak kompak. Waktu anakku 2 tahun dulu, aku sudah siap-siap minta vaksin Hepatitis dan Thyphim, eh, tidak dikasih sama dia. Aku sudah paksa, tapi dia tetap tidak kasih. Katanya kalau sama dia Thyphim dikasihnya umur 3 tahun, dan Hepatitis A dia tidak kasih, karna menurut dia tidak perlu, dengan anggapan bahwa yang rentan kena Hepatitis A itu anak-anak yang tinggal di daerah kumuh (lha kita mana tahu anak-anak akan bergaul atau terpapar sama siapa). Jadi sepertinya memang tidak semua Dsa memberikan vaksin ini. Aku bingung saja, semua schedule itu aku lihatnya di buku kesehatan kliniknya dia, dan aku juga cek ke webnya IDAI dan CDC, memang benar jadwalnya. Akhirnya aku imunisasi sama dokter lain. Biar bagaimana pun lebih baik mencegah daripada mengobati. Jadwalnya mestinya diberikan 2 kali, umur 2 tahun dan 2.5 th. Tapi kalau memang belum pernah, bisa catch-up immunization, tetap diberikan 2 kali dengan jarak 6 bulan. Tapi kalau keburu kena tidak tahu juga ya, apa masih tetap harus diberikan [Rn]

Beda bu kalau B emang wajib. Tidak ada hubungannya harusnya ya, tapi si dokter ini memperkirakan sakitnya anakku ini, kalau bukan karena fungsi hati yang tidak bagus, ya karena si bakteri itu [DRS]

Setahuku, hepatitis A itu bisa terjangkit dari lingkungan sekitar, makanan/minuman yang tidak bersih, dan lainnya, beda dengan hepatitis B ataupun C [Mnk]

Mbak, soal vaksin Hepatitis A, sebenarnya mulai umur berapa anak harus divaksin Hepatitis A, terus wajibnya harus berapa kali? Soalnya aku dengar ada yang bilang 4 kali dan ada yang bilang cukup 2 kali sedangkan jarak antara vaksin pertama dan selanjutnya itu sekitar enam bulan. Yang benar yang mana ya? Soalnya vaksin Hepatitis A ini lumayan mahal lho. Aku saja yang tinggal di Solo dapat info kalau disini untuk vaksin Hep A sekali suntik Rp. 235.000,-. Aku belum vaksin Hepatitis A untuk kedua anakku (5 tahun dan 2tahun) karena belum tahu benar manfaatnya dan harus berapa kali divaksinnya, makanya baca cerita tentang anaknya mbak, aku jadi ingin tahu lebih banyak tentang manfaat dan efek sampingnya vaksinasi ini. Kalau ada ayah bunda yang punya info-info tentang Hepatitis A, tolong dishare disini ya [Iff]

Betul, kata DSA anakku, vaksinasi hepatitis A ini tidak wajib. Jadi merupakan pilihan [Dil]

No comments:

Post a Comment